• djogzs
    ┌∩┐(◣_◢)┌∩┐

10 Fenomena Gangguan Tidur

Selasa, 06 Maret 2012
Quote:
Quote:
1. Insomnia



Tidak diragukan lagi, hampir semua kaskuser pasti sudah pernah mendengar kata ini dan sudah mengetahui apa itu insomnia. Buat yang belum tahu, insomnia adalah Salah satu jenis gangguan tidur yang paling umum ditemui yaitu sulitnya Memulai tidur ataupun mempertahankan tidur, untuk yang mengidap Insomnia, terkadang butuh waktu 4 jam untuk dapat tertidur dan terbangun beberapa jam kemudian.
Quote:
2. Hipersomnia



Yang ini malah kebalikan dari Insomnia yang artinya tidur berlebih (rata-rata waktu tidur bertambah 25% dari normal). Hipersomnia seringkali menjadi Gejala awal yang menunjukkan kemungkinan adanya penyakit SERIUS . jadi untuk anda yang merasa akhir-akhir ini Hipersomnia, segeralah periksakan diri anda ke Dokter.
Quote:
3. Narkolepsi



Bahasa gampangnya itu Serangan tidur. Yaitu dimana pederitanya SANGAT sulit mempertahakan keadaan sadar. Bukannya kantuk yang bisa dilawan seperti kantuk saat menonton bola di malam hari, Penderita Narkolepsi tidak bisa mengontrolnya, saat 'diserang' Mr.Narkolepsi, mereka hanya bisa pasrah (lihat gambar di atas) .

Penderita Narkolepsi hanya cukup tidur selama 15 menit dan setelah itu hilanglah serangan ini yang kemudian bisa muncul lagi dalam waktu singkat. Serangan Narkolepsi kebanyakan terjadi di waktu siang hari dan pada malam harinya, TRAGIS sekali, mereka malah sulit tidur
Quote:
4. Parasomnia



Yaitu setengah tidur, setengah terjaga, biasanya merupakan fenomena gangguan tidur yang tidak umum dan tidak diinginkan yang tampak secara tiba-tiba selama tidur, atau yang terjadi pada ambang antara terjaga dan tidur. Paling sering muncul dalam bentuk mimpi buruk yang ditandai dengan mimpi lama dan menakutkan. Biasanya orang terduduk di tempat tidur dengan ekspresi ketakutan, berteriak dengan keras seperti sedang mengalami teror.

Sepertinya gangguan seperti ini lebih banyak terjadi di film-film horor (non-INDO)
Quote:
5. Somnambulisme / Sleepwalking



Sudah diketahui dari namanya. Sleep yang berarti tidur dan walking yang berarti berjalan. jadi Keadaan ini adalah keadaan dimana terjadi perubahan kesadaran, fenomena tidur bangun terjadi pada saat bersamaan. Sewaktu tidur, penderita kadang melakukan aktivitas motorik yang biasa dilakukan seperti berjalan, berpakaian atau pergi ke kamar mandi, berbicara, menjerit, bahkan mengendarai mobil. Akhir kegiatan tersebut kadang penderita terjaga, kemudian sejenak kebingungan dan tertidur kembali. Ia tidak ingat kejadian tersebut.
Quote:
6. Sleep Paralysis



90% Manusia pasti pernah mengalami Gangguan tidur ini. Bahkan kemungkinan besar agan juga pernah mengalami sendiri. Apa ini sebenarnya ? walaupun jenis gangguan tidur ini tidak berbahaya, tetapi termasuk yang paling menyeramkan. Bayangkan:

Kita membuka mata di tengah malam > Perasaan antara sadar atau tidak > Mencoba bangun > sadar! Ada sesuatu yang TIDAK BERES > Tubuh kita tidak bisa bergerak > Nafas Sesak seakan-akan ada Makhluk tidak terlihat yang menginjak Dada kita > Mencoba Membuka mulut dan berterik sekencang-kencangnya > TIDAK ADA SUARA YANG KELUAR > Leher seperti Tercekik > Tampak bayangan Hitam (Halusinasi) > beberapa menit kemudian semua itu akhirnya 'pergi'

ok cukup ! Gue udah mulai merinding juga . Tapi jangan takut ada penjelasannya kok . Bukan Hantu, bukan setan , bukan pocongkkkkkkkkkkkkkkkkkk ngesot , bukan hantu jeruk nipis . Begini Penjelasannya :

Jika kita sedang bermimpi, otomatis akan disertai dengan lumpuhnya tubuh kita . Sayangnya terkadang sebelum tubuh kita mengakhiri mimpi itu, kita telah berada dalam kondisi sadar / setengah sadar . maka yang anda alami adalah perasaan lumpuh disertai dengan Halusinasi hasil dari ketakutan Anda sendiri.

Itu penjelasan singkatnya, buat yang mau tau lebih jauh
, Read More...
Quote:
7. Sleep Apnea



Gejala yang Berupa apneu (tidak bernapas) atau hipopnea (kurang bernapas) pada saat tidur. Gejala ini dapat menjadi penyebab timbulnya gangguan tidur yang lain seperti Narkolepsi . Faktor keturunan menjadi penyebab terbesar resiko Sleep Apnea. Biasanya Serangan Sleep Apnea ditandai dengan Mendengkur keras.
Quote:
8. Sexsomnia or Sleep Sex



Terdengar sangat menggairahkan ? jangan salah dulu, Gangguan Sleep Sex adalah gangguan tidur yang menyebabkan seseorang melakukan tindakan seksual saat mereka tidur . Seperti : Bermasturbasi , Erangan-erangan , atau yang paling berbahaya Ia bisa memperkosa wanita saat sedang tidur. Kebayang ga tuh, bangun-bangun ga tau apa-apa , ditangkep polisi, 10 Tahun penjara
Quote:
9. Bruxism



Bruxism adalah gigi gemeratuk sewaktu tidur.sindroma sendi rahang (temporomandibular jaw syndrome) sering jadi masalah besar karena memang tidak mudah dikontrol, dengan cara apa pun. Bukan hanya sampai pada masa kecil dan remaja kebiasaan merusak gigi sendiri itu akan selesai. Pada umurnya yang sudah hampir paruh baya, mulut suami Ibu Kar. masih doyan berisik kalau lagi tidur.Tidak ada obat penenang apa pun yang bisa mengerem kebiasaan yang berlangsung tanpa disadari. Si pengidap tidak sadar kalau tidurnya suka ribut sendiri begitu. Tetangga tidurnya yang tobat, tak cukup sekadar punya rasa cinta dan bertenggang rasa belaka.
Quote:
10. Exploding Head Syndrome



Ini yang agak jarang ditemui. Sindrom kepala meledak tidak benar-benar meledakkan kepala. Gangguan ini terjadi selama tidur nyenyak, ketika orang tiba-tiba bangun dengan terkejut oleh suara keras dan tajam.

Tidak ada rasa sakit atau bahaya yang terjadi pada sindrom ini. Penyebab pasti sindrom kepala meledak pun belum diketahui, tapi diyakini hal ini terkait dengan penyakit serius.

0 komentar:

Posting Komentar

Choose Your Background

Total Pageviews